Ruz bil Laban

Dah lama mo bikin ini, baru sekarang kesampaian juga. Kalo yang pernah tinggal di Mesir pasti tahu ni. setelah cukup kumpulkan data dan informasi…akhirnya lanjut di eksperimen. Yup, sebut saja ini bubur susu. Buatnya gampang sekali…

i

Bahan:
1 cup beras pulen
1000 ml air untuk memasak beras (sesuaikan dengan jenis beras)
250 ml susu cair
7 sdm gula (sesuai selera)
1 sdt tepung jagung (maizena) larutkan dengan 50 ml air
½ sdt vanili

Cara buat:
• Masak beras dan air (seperti biasa)
• Setelah beras lembek dan hampir keringl, masukan susu, aduk terus sampe susu mengental dan bercampur dengan nasi.
• Terakhir masukan gula,vanili dan larutan maizena.
• Aduk sebentar lalu matikan api.
• Tuang di mangkok pudding,biarkan dingin dan masukkan kulkas
• Sajikan dingin dengan topping (wafer, astor, kacang mete, parutan kelapa , meses, kering, es krim ataupun buah-buahan segar menurut selera.
Ehm…..rasanya lembut n gurih. Ga nyangka ternyata Fatih suka sekali. Padahal biasanya kalo saya kasih bubur sudah hoek-hoek. Mungkin karena ada topping2nya juga kali yah…dikasih meses n astor buat nyolek-nyolek. Aslinya sih memang ga ada topping-topping segala…..hhehe..Jadi 1 tips agar menarik n cantik….

Soto Bakwan Jagung

Sepertinya dah lama ya ga posting acara masak-masakanku. Tanya kenapa? Soalnya aku juga dah punya blog catatan memasak. But, qadarullah sekarang aku ga bisa masuk ke dashbornya….so ga bisa ngapa-ngapain deh. Ga bisa posting, setting tampilan,ngedit-ngedit padahal disitu ada postingan yang salah. Ya udah balik ke Dunia Rumah lagi…..

2 hari yang lalu aku buat Soto Bakwan Jagung. Coz suami lagi sariawan n pinginnya makan sama yang berkuah-kuah. Apalagi dingin-dingin seperti ini pinginnya makan yang hangat-hangat. Dapat resepnya dari bonus Femina. Hemm…… ternyata rasanya ga mengecewakan. Dinikmati selagi hangat tambah mantab, rasanya semakin gurih dengan taburan kentang goreng dan sambal kemiri (favorit keluarga kami), Boleh dicoba ya!

SOTO BAKWAN JAGUNG
Bahan:
½ kg ayam
1,5 liter air
¼ kg kentang, Iris tipis, goreng sampai garing
4 lembar daun jeruk
1 batang sereh ambil bagian yang putih memarkan
Mie suun, rendam air hingga lunak
Pelengkap: Jeruk nipis, Seledri dan bawang merah goreng untuk taburan
Bawang Prei

BAKWAN JAGUNG
1 buah jagung manis, sisir kemudian tumbuk kasar
25 gr tepung terigu
1 butir telur ayam, kocok lepas
½ sdt garam
½ sdt merica
1 siung bawang putih, haluskan

BUMBU HALUS
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica butiran
2 cm jahe
2 cm kunyit
Garam secukupnya

CARA MEMBUAT:
– BAKWAN JAGUNG: Campur semua bahan, aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, lakukan hingga semua adonan habis.
– Rebus ayam bersama air hingga matang dan berkaldu, Angkat ayam kemudian tiriskan
– Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, sereh kemudian masukkan ke dalam kaldu.. didihkan kuah , sebelum diangkat masukkan bawang prei.
– SAMBAL KEMIRI: Goreng sebentar (1 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit, 3 siung bawang merah, 3 butir kemiri). Kemudian angkat dan haluskan. Tambahkan 1 sdt gula pasir dan garam secukupnya
– PENYAJIAN: Atur bakwan, sun, suwiran ayam di mangkok saji. Kemudian tuang kaldunya. Taburkan kentang goreng, daun seledri, bawang merah goreng dan perasan jeruk nipis.
Siap Disantab selagi hangat…!!!

Sambal Goreng Telur Puyuh

Nyoba-nyoba masakan lagi. sebetulnya ada buanyak sekali resep sambal goreng. Ada yang pake santan, ada yang keringan, ada yang bumbu dihaluskan semua, ada yang diiris-iris aja….. but kali ini saya coba yang bumbu dihaluskan semua, pake blender biar cepet. Hasilnya ini sambal goreng telur puyuh ini:

Bahan-bahan:

10 buah telur puyuh

250 gr kentang ceri

Santal kental

1 cm lengkuas iris tipis

1 lembar daun salam

1 sdm gula merah

Garam secukupnya

Bumbu halus:

3 butir bawang merah

2 butir bawang putih

1 sdm terasi

5 buah cabai merah

Cara memasak:

  1. Kupas kentang, lalu goring hingga matang. Telur puyuh direbus, kemudian dikupas dan digoreng
  2. Tumis bumbu hingga harum, masukkan lengkuas , salam gula dan garam.
  3. Masukkan kentang dan telur puyuh aduk sebentar, kemudian masukkan santan. Aduk pelan jangan sampai pecah
  4. Tunggu santan agar sedikit mongering. Angkat dan sajikan

Pisang Goreng Kipas

Dapat panenan pisang dari tuan kontrak. Buat sarapan, coz menu sarapan saya jarang sarapan nasi, paling sering roti, pisang atau makanan ringan lainnya. Suami ga terbiasa makan makanan berat (nasi) kalo pagi, makanya jadi ikutan kebawa nie.

Kali ini buat pisang goreng kipas. Pisang yang tinggal 7 buah saya pake semua. Adonan tepungnya pake tepung beras dan tepung kanji (perbandingannya 1:1). Kira-kira saya pakenya 5 sdm masing-masing. Kemudian dikasih santan (saya pake santan instan), gula secukupnya dan vanili. Aduk hingga tercampur rata. Saya buat adonannya ga terlalu kental. Trus ambil pisang yang sudah diiris seperti kipas, kemudian goreng hingga matang. Dah jadi deh pisang goreng kipas

Rasanya gurih. Ternyata  ludes dalam sekejap buat sarapan kami bertiga.

Daging Merah

Hari ini masak daging merah pesanan suami. Dah pernah berkali-kali nyoba masak daging merah. Hasilnya beda-beda. Percobaan pertama sukses (yang masak suami), soalnya ia yang dah pernah merasakan makan daging merah waktu kul di Mesir. Biasanya beli di rumah makan Thailand. Percobaan kedua saya yang masak, hasilnya seperti krengseng karena kebanyakan kecap manis. Selanjutnya, setelah berkali-kali eksperimen Alhamdulillah dah temukan takaran yang pas. Hasilnya sesuai yang diinginkan. Ini dia daging merah ala Ummu Fatih!

 

Bahan-bahan:

250 gr daging

1 buah tomat

½ buah bawang Bombay, iris melintang

Kecap manis, kecap ikan, kecap asin, saus tomat (masing-masing 1 sdm)

1sdt cabai bubuk

Paprika kalo ada (coz ga ada paprika, lewat aja)

Cara masak:

  • Rebus daging dalam keadaan utuh, ambil air kaldunya (Kalo mau daging lebih empuk bisa dipresto dulu). Angkat, tiriskan, kemudian iris tipis
  • Siapkan wajan, masak daging dengan kaldu, tambahkan  kecap manis, kecap ikan, kecap asin saus tomat dan cabai bubuk. Biarkan bumbu meresap
  • Setelah bumbu meresap dan air tinggal sedikit masukkan tomat dan bawang bomba. Aduk sebentar kemudian angkat dan sajikan hangat-hangat.

Tahu Brontak

Nama lainnya tahu isi atau tahu susur kalo di jawa. Kalo di Jatim ‘Tahu Brontak’. Entah kenapa kok dinamakn tahu brontak, padahal juga ga suka brontak tuh, di isi juga diem aja…..hehehe. Ini  gorengan favorit aku. Kalo beli di luar biasanya Cuma di isi mie bihun, saya ga terlalu suka. Lebih suka bikin sendiri pake isi sayuran. Kalo Fatih suka isinya aja, ga mau makan tahunya…… Ayah Fatih??….Karena aku suka, beliaunya juga ikutan suka…..ciee

Bahan-bahan:

10 buah tahu goreng

Udang kupas, cincang halus

1 buah wortel, potong korek api

Taoge

Bawang prei, iris halus

Tepung terigu

1 butir telur

kunyit

Minyak untuk menggoreng

  • Bumbu isi : 2 siung bawang putih, merica, garam dan gula secukupnya
  • Bumbu tepung: haluskan 2 siung bawang putih, ketumbar, kunyit (biar warna tambah menarik) dan garam.

Cara membuat:

  1. Lubangi bagian tengah tahu dengan pisau. Sisihkan
  2. Untuk isi: tumis bumbu isi hingga harum, masukkan udang, wortel, taoge dan bawang prei. Kemudian tambahkan gula dan garam. Aduk sampai matang lalu angkat dan biarkan dingin
  3. Isi tahu dengan tumisan isi
  4. Bahan tepung: campur terigu, telur, bumbu dan tambahkan air sampai adonan licin.
  5. Celupkan tahu dalam adonan tepung, kemudian goreng hingga matang.
Siap disantap.

Bakasem Udang

Rencana awal mo masak daging merah, buat ternyata ga ada yang jual daging. Sampai di pasar celingak-celinguk mo masak apa. Beli udang aja! Mo masak bakasem udang. Sekalian mo masak sup udang buat Fatih, trus buat tahu brontak juga. Ini dia bakasem udang…..

Ini bahan-bahannya:

200 gram udang (kupas, kerat punggung jangan samapi putus

3 butir bawang merah

2 butir bawang putih

½ sdm gula merah

1 lembar daun salam

1 cm lengkuas

1 batang sereh

2 buah cabe (merah dan hijau)

1 sdm minyak, garam dan air secukupnya

Caranya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan gula merah.  Kemudian lumurkan pada udang.
  2. Tambahkan sereh, salam, lengkuas, cabai, garam, minyak goreng dan air. Aduk rata
  3. Masak hingga bumbu meresap, kemudian angkat!

Sebenarnya bakasem ini menu buat dewasa, but kok ternyata Fatih juga suka udangnya. Sumer-sumer pedesnya, tapi  ternyata ia doyan.  Sampai berkali-kali minta……”Udang lagi…udang lagi” ^_^