Kotak Tissue

Bulan puasa ini Rumah Craft tutup order dan produksi. Untuk pesanan-pesanan yang sudah masuk sebelum puasa tetep saya selesaikan. Sehingga saya bisa punya sedikit waktu luang. Walau sudah kasih ‘notice’ di Fanpage, FB tetap saja ada yang mau order.  Tawaran saya, kalau mau saya catat dulu orderannya, tapi kerjakan habis lebaran nanti. Ternyata mau juga menunggu. Jadi total pesanan yang akan saya kerjakan nanti setelah lebaran 17 softbook, Insya Allah. Semoga Allah memudahkannya.

Sekarang waktunya buat proyek pribadi, kembali belajar merajut, dll. Sudah lama saya  ingin membuat kreasi-kreasi baru, menuangkan ide dalam bentuk kerajinan tangan yang saya sukai. , Setelah itu bisa istirahat, bersantai sambil  meregangkan otot-otot. Dan yang pasti lagi ingin buat proyek ‘suka-suka’.   Alhamdulillah dah jadi salah satu proyek suka-sukanya. Edisi perdana tempat tissue…

Kotak Tissue Tart Jeruk

Kotak Tissue Bulat Variant Biscuit

Pensil Hias Flanel

Rasanya dah lama sekali ga blogging. Alasannya macam-macam….sibuk, lagi kerjakan orderan, lagi males nulis, lagi buntu mau nulis apa, dll. Kalo alasan terakhir tue ‘buntu”, bisa jadi penyebabnya coz dah jarang2 nulis. Padahal kalo sering nuliskan, idenya malah tambah ngalir….
Daripada blog mlompong, mending buat majang hasil karya aja….kali aja ada yang tertarik mo order….xixixi…
Ide memang terkadang datang dari customer….Permintaan customer yang macam-macam kadang memaksa kita untuk putar otak bisa merealisasikan apa yang dimaui orang….(hah,sok gaya…).  Kali ini ada yang pesan minta dibuatkan pensil hias…..(bentuknya macam gimana, sebelumnya aku ga tahu).

Awalnya customer minta yang pake hiasan boneka-boneka lucu gitu. Coz alasan syar’i, aku ga bisa buatkan. Coba aku tawarkan yang model lain aja…macam nie…


Beberapa hari terlampau, akhirnya bisa menyelesaikan pesanan nie. Yah maklumlah disambi macam-macam.

Abis tue….dibungkusi n disemat pita.  But saya sertakan aja plastik n pitanya nanti biar yang pesen yang bungkus sendiri, coz kalo saya yang bungkus tar makan tempat banyak waktu dipengiriman, ongkir bisa jadi lebih mahal coz kena tarif volume.
Hayuk ada yang tertarik pesan?!!!

Softbook Alphabet

Alhamdulillah bisa menyelesaikan orderan terbaru softbooknya. Softbook Alphabet pesanan customer dari Wonogiri. Alhamdulillah tak memakan waktu lama untuk menyelesaikannya,  walopun untuk model alphabet nih baru kali ini aku buatnya.

Bagian isinya terdiri dari pengenalan huruf abjad (kapital n huruf kecil), disertai contoh  kata dan juga ilustrasinya. Agak njlimet memang di urusan ilustrasi, coz buatnya kan kecil sekali.  Kalo mo liat dalamnya, bisa tengok-tengok di sini

 

Kadang-kadang orderan customer itu membuat kita tertanntang. Awal-awal bikin softbook, coz ada temen yang kebetulan minta dibuatkan. Dengan modal nekat coz baru pertama kalinya, akhirnya aku bisa juga selesaikan pesanannya. Syukurlah, beliaunya senang dan puas dengan garapan saya. Kemudian menyusul pesanan-pesanan berikutnya dengan variasi tema.

Sebenarnya ingin juga membuat  design yang berbeda dengan yang aku buat selama ini, but belum sempat waktunya. Mungkin suatu saat bisa ngerjakan softbook dengan model yang bervariasi.

Softbook Flanel Hijaiyah

Tantangan kali ini membuat softbook huruf Hijaiyah pesanan Umm Umar di Malaysia. Secara ini baru kali pertama buat softbook yang mengenal hijaiyah, akhirnya batas waktu selesai mundur seminggu dari waktu yang dijanjikan. Mundur bukan karena kerjakan hijaiyah tok, but karena beliau pesan 3 macam softbook (Transportasi, Mengenal Angka dan berhitung, dan Mengenal Huruf Hijaiyah).
Alhamdulillah…selesai juga.

Jadi deh 2 jilid softbook Hijaiyah. Kenapa dijadikan 2 jilid? Rencananya sih mo aku jadikan 1 jilid aja, but aku pikir bakalan tebel sekali. Bawanyapun pasti kesusahan. Huruf hijaiyah ada 30. Setiap halaman ada 1 huruf,   berarti 1 jilid ada 15 halaman plus bonus 1 halaman (Itupun dah lumayan tebel).

Kalo mo liat dalamnya, ini dia!!
Sengaja nggak saya beri transliterasinya, supaya ortu bisa langsung mengajarkannya sesuai dengan makhrajnya yang bener.


Alhamdulillah….sudah dikirim. Semoga beliaunya senang. Senang….Senang….Senang!!!!

Layer Cake Aneka Topping

Ini kali kedua aku bikin layer cake. Yang sebelum-sebelumnya liat sendiri yah postingan sebelumnya. Intermezo aja…nih, menghalau kejenuhan aktivitasku yang lagi monoton. Biasanya sih ganti-ganti kesukaannya….kadang blajar ngrajut, buat proyek bersama Fatih, utak-atik kertas-kertasku (bikin paper quilling, gift box (lum sempat dipamerkan), eksperimen di dapur……n terkadang yah nganggur aja.

Setengah hari sibuk bikin layer cake….kalo Ayah libur, berarti Fatih seharian main sama ayahnya. Aku??? Bebas lakukan apa aja….

Inilah jadinya!!! Cocok untuk hadiah, souvenir ato koleksi pribadi.

Hei…hayuk yang tertarik bisa order lho untuk gantungan kunci, gantungan HP, magnet kulkas …..atou jebakan kalo tamu dateng …(lariiiiiii!!!).

Softbook Flanel Bertema

Softbook lagi…softbook lagi!!…Dari sekian banyak kreasi flanel yang saya buat, sepertinya softbook yang paling banyak dipesan. Yang order kreasi lain mana yah, walo ada juga yang order souvenir. Akhirnya selesai juga pesanan softbook dari teman kul saya dulu Upit.  Total semuanya ada 5 softbook dengan tema yang berbeda (transportasi, buah-buahan, sayuran, warna dan angka). Total pengerjaan hampir tiga pekan…lumayan lama yah. Saya memang buat berdasar pesanan. But ini juga lagi berencana untuk buat stok,…

Aku kasih tahu ya sekilas penampakan perbukunya!! ^_^

Kalo dah selesai gini lega rasanya. Insya Allah, segera kerjakan orderan selanjutnya. Kali ini dari Malaysia…. ^_^

Tempat Tissue Recycle Flanel

Punya sisa-sisa potongan kain flanel banyak, bingung mau dimanfaatin buat apa. Mo dibuang, sayang. Disimpan aja, juga sayang malahan jadi gombal. Kalo mo dijadikan isi untuk kreasi flanel pengganti dakron….kok rasanya ga tega, apalagi kalo kreasinya mo dijual, lagipula hasilnya juga ga bagus. Akhirnya coba di recycle aja…Jadi yang masih bisa dipotong menjadi bentuk2, yah diambil aja…
Proyeknya mo bikin tempat tissue….sudah ada boxnya juga sih…dulu memang rencananya mo buat tissue box yang dihiasi paper quilling, but setelah dipikir-pikir, tar kalo kotor susah bersihkannya. Akhirnya jadi terbengkalai lama jadi tissue box polosan. Muncul ide lagi, waktu liat sisa flanel yang makin lama makin menumpuk…..
Tuh kan segini tumpukannya!!!

Pertama-tama, Sisa-sisa flanel aku gunting menjadi 1/2 lingkaran. Nyetaknya pakai uang 200 rupiahan.

Trus, buat lapisan kotaknya untuk bagian samping dan juga atas-bawah. Yang bagian atas dibolongi untuk lubang tissuenya ya!!

Kemudian  bagian atas dan samping disatukan dengan jahit feston. Lubang di tengah juga dijahit feston. Setelah itu satukan juga bagian samping dengan bagian bawah….jahit di satu sisi aja. Supaya lebih mudah dilepas n dipasang lagi, kalo kotor kan bisa dicuci. Hasilnya seperti gambar di step 3

Pasang lapisan flanel ke tissue boxnya. Kemudian tempel flanel-flanel setengah lingkaran tadi secara berselang seling untuk menutupi lapisan dalam . Lakukan terus menerus dari bawah sampai seluruh bagian sisi samping terpenuhi.. (step 4)

Untuk menutupi bagian atas yang kurang rapi, aku buat hiasan dari kain flanel yang dipilin berselang-seling warnanya. Kemudian ditempel dengan hot glue/ lem tembak.

Yang terakhir nih bingung dengan finishingnya…..bagaian atas tuh mo dikasih apa. Mo dihiasi bunga-bunga….tar terlalu ramai, mo dihiasi buah-buahan, ga cocok. Mo dihiasi topping cream, astor…..kaya cake, juga ga cocok. Akhirnya hanya dikasih pilinan flanel warna senada dengan lapisan n warna putih….

Komentar perdana muncul dari my luvly hubby…..”Kok kayak ular naga??!!!”. (Biar aja…..ular naga ceria!!!!!)
Btw, sisa-sisa flanelnya masih banyak…..Lain kali mo dijadikan apa lagi ya?????
Tunggu aja deh episode mendatang……Insyaa Allah!