3 Tahun

Tak terasa Fatih kini sudah berusia 3 tahun bulan desember kemarin. Alhamdulillah….Semoga Allah memanjangkan usianya begitu juga dengan kami, hingga kami bisa menikmati hari-demi hari perjalanan hidup kami dengan penuh keberkahan. Allahumma Aamiin.
Kian hari ada saja yang diperbuatnya, membuat saya gemas, senang…terkadang juga merasa kewalahan dengan polah tingkahnya yang makin aktif.
Perkembangannya baik kognitif, affektif maupun motoriknya lumayan pesat. Di usianya yang ketiga tahun, pola komunikasinya sudah mulai lancar mulai dari mengutarakan maksud, alasan, mendengarkan penuturan, hingga bercanda ala anak kecil. Kosakatanya juga semakin banyak. Semua tak lepas dari kuasa Allah yang memudahkan kami dalam mendidiknya ….Alhamdulillah.

Kalo  menurutku ia termasuk anak yang suka aktif. Tak bisa diam barang sejenak. Sebentar aja kutinggalkan sendirian, ia sudah bereksplorasi dengan yang disukainya. Bermain dengan mainannya sendiri, bermain di kebun (keruk-keruk tanah, mengumpulkan batu-batuan atau mengamati binatang-binatang kecil), bermain-main dengan kucing ( lebih sering ngerjain kucing), berlari kesana kemari, panjat memanjat, dll. Ruang geraknya saat ini memang tak cukup hanya di sekitar rumah, terkadang ia nyelonong keluar ketika pintu pagar terbuka (bermain ke anak tetangga). Ato dengan bahasanya yang polos, ia minta diajak jalan-jalan walo hanya muteri kampung. Ia sangat suka dengan aktivitas ini. Dan kesempatan ini saya gunakan untuk mengajari apa saja, bercerita tentang apa yang ditemui, atau Sambil berjalan, kami muraja’ah surat2 pendek (Al Fatihah, An Nas, AL Falaq, Al Ikhlas, dan ayat kursi), Alhamdulillah ia sudah mulai hafal.

Fatih juga suka sekali aktivitas rutin kami ‘Read A loud’. Ia  memilih sendiri buku yang ingin minta dibacakan, kemudian mengambil posisi yang nyaman, duduk-duduk di pangkuanku, glasaran di lantai ataupun sambil berbaring. Biasanya sebelum tidur ia juga minta dibacakan buku. Menurut penelitaian, aktivitas membaca buku ini banyak manfaatnya lho…..selain memperbanyak kosa kata, anak juga belajar menjadi pendengar yang baik. Lebih bagus lagi kalo kita juga menstimulasi anak untuk bisa menceritakan kembali/ mengungkapkan ide yang ia dapat dari aktivitas membaca buku ini.

Aktivitas lain yang ia sukai adalah belajar mufrodat arabic. Alhamdulillah…..samapai sejauh ini Fatih sudah hafal beberapa mufrodat arabic dengan tema diri sendiri, benda disekitar, dan beberapa mufrodat binatang….Baru sedikit memang, coz ibunya pun juga ikut kebut-kebutan belajar arabicnya.
Fatih suka bertanya,  semisal ‘bantal apa?’ (maksudnya bahasa arabnya apa), kotoran apa?…..ini apa? Berhubung ibunya juga baru blajar, kalo saya ga tahu, saya bilang “Nanti dicari ya!! (dicari di kamus) atau ‘Nanti tanya Ayah ya!!!… Eh , Fatih juga suka ikut-ikutan bilang ‘Nanti dicari ya!/ Nanti tanya Ayah?”   ketika aku muraja’ah kosakata n ia lupa/ lagi males jawab :-p

Semoga kami (Ayah dan Ibu) bisa menemani perjalananmu dan mengantarkanmu menjadi anak Shaleh…. Aamiin