Menjiplak…

Setiap kali saya melakukan sesuatu, bisa dipastikan Fatih pun akan tertarik melakukan hal yang sama. Saya masak, ikut-ikutan masak. Saya menjahit, Fatih tak juga ketinggalan, Saya menyapu kebun, Ia langsung mengambil penebah trus ikutan nimbrung. Saya nulis di lepi, ia langsung ngambil alih…..No matter what I do, He always right beside me….follows me and tries to copy cat. Tar coba baca lagi ya di postingan Anak Kita Peniru Handal, sebagai tambahan info aja……hehe….sok.
Dan ketika Ia sering melihat saya membuat pola-pola untuk craft, kemudian menjiplaknya di kain felt, tak ayal deh langsung ikutan jiplak menjiplak. Eh sebenarnya sih dah ada edu toys buat ia untuk latihan menjiplak, hanya saja yang saya pegang lebih menarik buat dia kali….

Pikirku….coba kalo saya buat pola jiplakkan yang lebih menarik buat ia. Misalnya mobil, kereta api (kendaraan favoritnya), escavator atau kendaraan-kendaraan lain….yang lebih disukai oleh anak laki-laki.

Kalo buat kereta…..agak susah kayaknya, buat escavator agak mbelibet juga lagian agak susah untuk dijiplak untuk anak seusia Fatih, secara kemampuan anak preschool masih perlu banyak latihan membuat garis lurus atau lengkung sederhana.
Ahaaa…buat mobil aja! Begini nih cara aku buat ‘Jiplakan’ mobil buat Fatih.

1. Saya siapkan beberapa lembar kardus bekas, kemudian buat satu pola (satu pola aja…hehehe karena rada males buat banyak-banyak).

2. Beri lem di salah satu sisi pola kemudian tempel di lembaran karton yang lain.


3. Gunting mengikuti pola dan rapikan . Lakukan sampai beberapa lapis (4 atau 5 lapis) hingga terlihat cukup tebal seperti board.


4. Supaya lebih menarik and ga polosan gitu, kemudian saya beri warna. (Bisa pakai cat air, pensil warna atau tempeli dengan kertas origami).


5. Kemudian lapisi permukaan atas dengan isolative bening, biar agak awet. Tahu sendiri kan kalo yang pegang anak kecil….ga akan bertahan lama. Tapi setidaknya cara ini akan membantu memperpanjang usia mainan…hehehe. Untuk holdernya, eh …ternyata aku nemu roda bekas mobil-mobilan Fatih yang sudah rusak. Langsung aja saya temple pake lem tembak. Jadi deh home made edu toy-nya.


Ahaa….langsung dipake. Ternyata ga hanya asyik buat dijiplak….buat mobil-mobilan juga OK….ngeng….ngeng….. Alhasil dah cukup untuk buat beret-beret tuh mobil kodok. But, it’s OK. He really enjoys with his new edu-toy.