Fatih’s Activities

Mendokumentasikan kegiatan anak merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, paling tidak kita nanti punya arsip apa saja yang sudah dikerjakan anak waktu itu. Kelak ketika ia dewasa kita bisa menunjukkan kepada anak apa saja yang telah dikerjakan anak, misalnya ketika mereka sedang membantu mencuci, membantu ibu di dapur, sehingga jadi termotivasi deh ia membantu ibunya……..Tue kan Fatih dulu suka membantu Ibu…….(.Hhahaha….Mauunya dibantu terus!!!)

Eh ternyata…aku dulu ikut Tantangan juga lho ….Itu lho Tantangan 30 Hari yang dibuat Klub Oase. Tapi akhirnya ya ga berhasil 30 hari….jadi ga dapat reward deh. Walopun reward bukan satu-satunya tujuan. Setidaknya saya juga punya dokumentasinya walo tak lengkap 30 hari…..(ga sempat upload di blog coz koneksi internet lagi dat…nyeng,). Jadi kesimpen di FB aja.

Ini dia tindak lanjutnya, mendokumentasikan aktivitas Fatih.

Ibu-ibu tentu senang dunk kalo anak-anak pada bantuin pekerjaan rumah. Walopun hasilnya mungkin tak akan seperti yang kita harapkan, tapi keinginannya meringankan pekerjaan rumah tangga kita patut diacungi jempol. Setidaknya mereka belajar banyak hal….tanggung jawab, kemandirian, ke-ideal-lan (opo kie….), kerjasama, kerapian dll.

Waktu saya lagi melipat-lipat baju,….eh Fatih ikut-ikutan juga. Di awal-awal selalu saja ia bilang…..ga bisa—ga bisa….ujung-ujungnya ia nangis (kalo tak liat ia memang  mudah putus asa dan akhirnya menyerahkannya pada saya “Ibu aja”). Dan aku selalu aku bilang….”Bisaa….tue kan bisaa!” (intinya ngompori terus……..). Jangan liat dulu deh serapi apa hasilnya (ya iyalah masak mo dibandingkan dengan hasil kita yang secara usia, skill dan pengalaman jauh lebih matang. Intinya asalkan ia mau melakukannya dulu, dah bisa dikasih nilai.

 

Abis bantu-bantu Ibunya, langsung main-main deh. Ini lagi main matching shapes. Menempatkan bentuk-bentuk sederhana lingkaran, segi empat, segitiga ke box-nya. Sukses!….Ia juga dah tahu nama bentuk-bentuknyanya.

Belajar berhitung dulu yah….pake Apple Tree. Fatih metik buah apel dari pohonnya….kemudian ditata, sambil ia bilang “kaya kereta api!!!”. Baru kemudian ia menghitungnya…..1…2…3…4…5….7…..8…9….10 ( angka 6 selalu saja terlewat)…jadi kalo habis angka 5 saya bantu ia mengawalinya dengan huruf “e” dengan penekanan supaya ga terlewat. Abis tue ia pasang lagi buah apel di pohonnya. Sengaja buat Pohon Apelnya bisa dibongkar pasang, jadi pake kancing cetet. Aktivitas nie membantu anak melatih motorik halus dan juga konsentrasi.

 Dah dulu yah! Tar dilanjut lagi…..