Menjahit Baju

Ada banyak barang-barang bekas di rumah yang mungkin bisa dimanfaatkan. Kalo aku memang suka nyimpen aja tuh yang namanya kardus bekas, kaleng, botol bekas selai, dan masih banyak lagi yang bisa aku jadikan ekperimen….hallaah sok kreatif :p. Tapi kalo lagi ga ada ide muncul, trus stok makin numpuk ya terpaksa deh lempar ke bin, daripada bikin semrawut rumah.

Beberapa hari nie Fatih suka ikut-ikutan njahit gitu deh kalo saya lagi jahit-menjahit flanel. Pake jarum beneran lagi, padahal dah sering kali ke “jus”….but ga kapok-kapoknya aja. Akhirnya aku coba aja buatkan ia APE sendiri ‘Menjahit Baju’. Secara aktivitas menjahit baju nih juga ada di kurikulum anak prasekolah sampai TK, so tak ada salahnya kan saya buat sesuatu agar ia bisa beraktivitas dengannya. Manfaatnya untuk melatih konsentrasi, koordinasi gerak tangan dan juga mengasah motorik anak. Kalo beli sih buanyak, kaya yang di jual Ummu Yusuf nih.

Mo buat sendiri juga bisa, kaya saya nih……..xiixiixi.

Pertama siapkan alat dan bahannya dulu (kardus bekas, lem, gunting, tali, tusuk sate, puncher/ varpurator/ “pembolong kertas”…xixixi…, tali, pensil untuk membuat pola)

Caranya:

1. Gambar pola yang diinginkan (bisa buah-buahan, bunga, baju, mobil, dll terserah) sebanyak 2 pola.

2. Gunting kemudian gabungkan kedua pola tersebut supaya agak lebih tebal.

3. Rapikan bagian tepi dengan gunting.

4. Hiasi dengan aksesoris lainnya supaya lebih menarik. (Kalo yang ini mah simpel aja, hanya ditempeli kertas origami). Boleh juga digambari pakai cat air ato pensil warna

5. Tandai bagian yang akan dilubangi dengan bolpoin, jaraknya kira-kira 1,5 cm. Kemudian lubangi dengan varpurator

6. Untuk jarumnya, ambil tusuk sate potong menjadi 2 bagian, buat agak lancip salah satu ujung tusuk untuk mata jarum (ga perlu lancip-lancip ya!!!) . Kemudian ikat bagian pangkal dengan tali. Bagian ujung tali dibundel….(gimana bahasa indonesianya dibundel :p)

Nah dah jadi kan!

Sebelumnya aku kasih contoh dulu. Masukkan kelubang yang ini, kemudian ini, kemudian ini, harus urut Dik!…Tar ibu liat ya kalo sudah jadi!

Ini nie kalo Fatih lagi menjahit, serius sekali kan?!! Sambil ndremimil nirukan  perintah ibunya. Masukkan sini, trus ke sini, trus ini……Sudah jadi, Bu! Teriaknya sambil menunjukkan jahitannya kepada saya.

 Begini nih jadinya.

Alla kulli hal….Barakallahu fiik yaa bunayy !