Finger Painting

Ketinggalan info tentang “Tantangan 30 hari” yang diadakan Klub Oase…. Hahhaha….dasar lelet! Padahal kalo ga telat infopun lum tentu ikutan……hahaha lagi….piye to?? (Ga jelas blas). Di tantangan itu setiap peserta membuat dokumentasi kegiatan anak dalam bentuk kolase foto. Setiap hari satu kolase aja. Gitu!!!! Walo telat,  setidaknya saya juga dapat satu info penting yang hubungannya tak jauh-jauh dari situ. Yap….Tutorial membuat kolase Foto. Yang buat mbak Lala dari Rumah Inspirasi. Kalo mo liat tutorialnya klik disini aja. Buat kolase fotonya pake program Photovisi.

Ini nyoba dipraktekin sekalian mo cerita proyek saya dan Fatih. Kali ini proyeknya finger painting. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih motoriknya, selain itu juga bisa menumbuhkan rasa seni, dan mengembangkan kemampuan kognitif (pengenalan warna). Pertama yang saya siapkan kertas HVS, cat (hehe…saya ga pake cat beneran….pake pewarna makanan, selain aman, murah, juga mudah dibersihkan),dan daun. Semua bahan telah tersedia, tinggal aksi aja.

Awalnya Fatih hanya cengar-cengir aja waktu liat sesuatu yang beda di dalam piring. Bukan makanan, tapi ‘becek-becek’ katanya. Selama ini ia memang jijik-an…..

Eh ternyata harus dikasih contoh dulu ya!!!! Ya iya lah, ibunya kepiye sih? (BIsa-bisa tar diminum lagi). Saya kasih contoh dulu buat cap tangan di kertas lain,…satu!… (Fatih lum mau nyoba), dua!……(lum berani juga)…..tiga!….(heran liat ibunya lagi ngapain)….dan seterusnya!! Sampai kertasnya penuh dengan cap tangan saya yang ga berbentuk, coz catnya mbleber.

Akhirnya penasaran juga, pelan-pelan mo nyoba. Tapi masih pake lidi (nemu lidi disampingnya)…..Lidinya ditul-tul di pewarna baru kemudian di kertas….hehehe. Lama-lama, mau juga ia turun tangan. Satu!…..dua!….tiga!….(Abis buat cap tangan, buru-buru tangannya minta dicuci….hehehe), padahal proyeknya lum selesai nih…..

Yuk buat cap daun!

Saya ambil daun jambu biji, saya kasih contoh satu…..kemudian ia yang menyelesaikan. Setelah penuh hasil karyanya dijemur.

Ini dia hasil karya saya (kolase foto)hehehe….masih amatir. Namanya juga baru nyoba. Dan karya Fatih (finger painting)

Dari proyek ini, akhirnya ia tahu warna hijau. Sebelumnya baru tahu merah, hitam, dan putih (Emaknya aja yang males ngajari).