Tahu Brontak

Nama lainnya tahu isi atau tahu susur kalo di jawa. Kalo di Jatim ‘Tahu Brontak’. Entah kenapa kok dinamakn tahu brontak, padahal juga ga suka brontak tuh, di isi juga diem aja…..hehehe. Ini  gorengan favorit aku. Kalo beli di luar biasanya Cuma di isi mie bihun, saya ga terlalu suka. Lebih suka bikin sendiri pake isi sayuran. Kalo Fatih suka isinya aja, ga mau makan tahunya…… Ayah Fatih??….Karena aku suka, beliaunya juga ikutan suka…..ciee

Bahan-bahan:

10 buah tahu goreng

Udang kupas, cincang halus

1 buah wortel, potong korek api

Taoge

Bawang prei, iris halus

Tepung terigu

1 butir telur

kunyit

Minyak untuk menggoreng

  • Bumbu isi : 2 siung bawang putih, merica, garam dan gula secukupnya
  • Bumbu tepung: haluskan 2 siung bawang putih, ketumbar, kunyit (biar warna tambah menarik) dan garam.

Cara membuat:

  1. Lubangi bagian tengah tahu dengan pisau. Sisihkan
  2. Untuk isi: tumis bumbu isi hingga harum, masukkan udang, wortel, taoge dan bawang prei. Kemudian tambahkan gula dan garam. Aduk sampai matang lalu angkat dan biarkan dingin
  3. Isi tahu dengan tumisan isi
  4. Bahan tepung: campur terigu, telur, bumbu dan tambahkan air sampai adonan licin.
  5. Celupkan tahu dalam adonan tepung, kemudian goreng hingga matang.
Siap disantap.

2 thoughts on “Tahu Brontak

Comments are closed.