Memory Cards

Saya pernah janji mo posting my edu-craft lagi. Ini dia proyek edu-craft yang kedua. Target proyekku kali ini masih untuk Fatih. Yup…..”Memory Cards”. Konsep  ini saya adopt dari game computer ‘Purble Place’ punyanya Microsoft. Ada 3 macam game di purble place namanya apa aja aku juga ga tahu. Cuma yang saya tahu buat kue, mencocokkan ciri wajah dan memori game. Nah, yang terakhir ini yang saya pake. Saya buat kartu-kartunya dengan kain flanel sebanyak 8 pasang gambar buah. Saya kira itu sudah cukup untuk melatih memori. Yang terpenting, saya harus mengajari Fatih Role of the game dulu, supaya pemainannya berjalan sukses.

Begini cara mainnya:

1. Atur kartu-kartu hingga membentuk 4 baris dan 4 kolom secara acak dalam posisi terbalik (Gambar berada di bawah)

2. Suruhlah anak untuk membuka 1 kartu (Kartu yang dibuka ini harus dicarikan pasangannya).

3. Minta anak untuk mencari pasangannya dengan membuka setiap kartu (dengan catatan jika yang dibuka bukan pasangan kartunya, kartu tersebut harus dikembalikan diposisi semula (terbalik)). Jika sudah bertemu dengan pasangannya, maka kedua kartu tersebut ‘diamankan’.

4. jangan lupa minta anak untuk mengingat-ingat gambar beserta letak kartu yang sudah dibuka

5. Lakukan pelan-pelan hingga semua kartu telah mendapatkan pasangannya.

6. Beri pujian setiap anak berhasil menemukan pasangan kartunya.

Note: Sebagai permulaan, sebaiknya lakukan dengan 2 pasang kartu dahulu, supaya anak bisa memahami benar aturan main. Baru kemudian ditambah sepasang lagi, dan seterusnya hingga semua kartu bisa digunakan.

6 thoughts on “Memory Cards

  1. waa.. ana suka dulu suka main ini di FB, kalo ngga salah who has the biggest brain, lumayan buat nglatih otak hehe..
    senang sekali mas fatih punya ummi yang kreatip, lanjutkan umm! ^_^ *siap nyontek buat mainannya Khansa hehe*

  2. hehe….sekarang dah jarang maen di fb ya?….soalnya ada si kecil khansa yang diajak maen. Kapan-kapan pingin buatkan sesuatu buat adik khansa….insya allah!

  3. iya, sempatnya blog walking hehehe… kalo di rumah mainan aja ama khansa yg udah mulai ngglundang ngglundung kesana kemari😀

    waa.. senangnyaaa ammah mau buat sesuatu buat khansa, ummu khansa pengen buat sesuatu juga buat mas fatih tapi apa yaa? *garuk2 kepala* hiks.. ngene iki nek ora kreatip

    btw ummu fatih, anti ngga ada akun di FB ya? ana pernah add nama ummu fatih ternyata bukan anti hehehe kecelik

  4. khansa sedang lucu-lucunya ya! ehm coba tak pikir dulu mainan yang cocok ya. sebenarnya saya gak kreatip2 amat umm, lnyontoh craft yang ada. cuma kalo ada ide melintas aja langsung dikerjain, apalagi saya suka kena sindrome “pengen cepat liat hasilnya”, apapun jadinya….hheehehe……dibiarin lama-lama tar idenya menguap. ada umm ‘ninik ummu fatih’. perasaan sih dulu saya pernah add anti…but ga diconfrm ee, hehe….saya jarang update status juga…..tar di add ya!

  5. nganu.. kalo yang account ummu yusuf abdurrahman itu tadinya dibuat untuk ana n zauji aja hehehe… *iseng*
    ada account atas nama ana sendiri
    tadi ana cari ninik ummu fatih kok ngga ada ya?coba anti add ana pake alamat email ana ya😀 gambarnya bunga hitam biru

Comments are closed.