Gulai Ayam

Mo buat gulai ikan, pas waktu ke pasar ga ada ikan yang dimaksud. Putar haluan, beli ayam aja. Ini kali pertama masak gulai dengan bumbu buat sendiri. Biasanya sih  pake bumbu instan, but rasanya kurang puas. Kalo cuma gitu sih siapa saja bisa masak, tinggal cemplung-cemplung…..hehe. Percobaan pertama dah lumayan, komentar suami “Ini nih kare”……hehe….ga papa dibilang kare, yang penting niatnya buat gulai…Mungkin karena warnanya kuning. Memang ga di kasih cabe merah, soalnya yang makan ga hanya yang besar-besar. Fatih juga pake menu ini. ….

Bahan-bahan:

1/2 kg daging ayam

300 cc santan kentala

Bumbu-bumbu:

5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah kemiri, 2 cm kunyit, 1 iris jahe (kelima bumbu ini dihaluskan)

Lengkuas

3 lembar daun jeruk purut

Garam dan gula pasir secukupnya

2 lembar daun salam

2 batang sereh, ambil bagian putih, memarkan

(Sebenarnya pake ketumbar jintan, but karena kelupaan lewat aja). Tapi dah lumayan enak kok).

Cara memasak:

  • Tumis semua bumbu hingga harum.
  • Masukkan lengkuas, daun jeruk, salam, dan sereh. Tambahkan sedikit aja santan encer
  • Lalu, massukkan ayam yang sudah dipotong-potong, tunggu hingga bumbu meresap.
  • Tuangkan santan kental, aduk-aduk jangan sampai pecah. Setelah matang, hidangkan.