Kartu Quilling Butterfly

Kartu ucapan cantik nie bikin sendiri lho. Sebenarnya, kartu ucapan di jaman sekarang dah ga terlalu ngetren lagi. Karena dah banyak sekali media canggih seperti hp plus internet ato sejenisnya yang menggantikan posisi sebuah kartu. Tapi kalo menurut saya, keunikan tak bisa tergantikan oleh media apapun.  Coba buat kartu sendiri yuk! Kalo belum tahu caranya bisa simak step by step tutorial membuat kartu ucapan berhiaskan quilling paper. Alat dan bahannya mudah, coba deh lihat di postingan saya sebelumnya! Di sini : Alat dan bahan quilling paper. Ada satu lagi alat yang paling utama, yaitu jarum quilling. Kalo susah ngedapatinnya, bisa buat sendiri lho. Caranya gampang, ada di sini.  OK , let’s begin our adventure!

Pertama-tama yang harus dilakukan, menyiapkan kertas untuk kartu ucapan dan gulungan.

Untuk kartunya, Potong kertas warna putih ukuran 16×8 cm kemudian lipat menjadi 2 dan kertas merah muda ukuran 6×6 cm (step 1a). Tempel kertas merah muda tepat di tengah-tengah kartu warna putih (step 1b). Sedangkan untuk gulungannya, potong-potong kertas dengan lebar 3mm (step 1c)

  

Untuk membuat hiasan berupa kupu-kupu diperlukan 4 buah gulungan longgar kombinasi untuk sayap, 3 gulungan padat warna putih untuk badan, 1 gulungan padat kombinasi untuk kepala, dan gulungan kreatif bentuk huruf V.

Membuat sayap.

Sambung kertas gulung warna merah dan putih, dan mulailah menggulung dari ujung warna putih (step 2a). Kemudian letakkan pada shape matching untuk mendapatkan ukuran yang sama, kemudian lem pada ujung kertas (step 2b). Tekan pada salah satu sisinya hingga berbentuk seperti tetesan embun (step 2c)

  

Badan dan kepala

Untuk badan, ambil kertas warna putih, kemudian gulung dari ujung kertas hingga habis, tahan dengan jari sehingga lingkaran tetap padat, baru kemudian beri lem di bagian ujung akhir (step 3). Bagian kepala, memakai kombinasi kertas warna merah dan putih, caranya sama seperti membuat badan.

Membuat Antena

Ambil kertas warna putih, kemudian lipat menjadi 2. Setelah itu gulung masing-masing kertas ke arah luar. Nah, jadi gulungan kreatif bentuk V (step 4).

Dah jadi nie gulungan-gulungan kertasnya, tinggal dirangkai aja. Tempelkan gulungan-gulungan tersebut di kartu (step 5).

Nah, sebuah kartu ucapan cantik dah jadi. Bisa digunakan sebagai ucapan selamat kelahiran bayi or pernikahan..