Coretan Abstrak

Tembok rumah bak kanvas buat Fatih, penuh coretan hasil kreativitas dan aktivitasnya yang makin meningkat. Kalo tak pake krayon, ya pakai boardmaker, or bolpen. Akhirnya yang namanya boardmaker dan bolpoint ga bisa bertahan lama umurnya karena bujel (Bahasa Indonesianya tumpul). Saya sebut itu coretan abstrak Fatih, semacam lukisan gaya abstrak yang mungkin hanya pelukisnya yang tahu maknanya….hehe ^_^

Kalau saya tanya gambar apa, Ia jawabnya macam-macam. Terkadang jawab kereta, bola, sepeda ‘mimi’ alias sepeda mini, mobil keruk (nama sebenarnya escavator, cuma karena tugasnya keruk-keruk tanah Ia menyebutnya ‘mobil keruk’…..:-)). Dilihat dari bentuk coretannya sih,….jauh banget. But gak papa lah….anak-anak emang suka berimajinasi.

Anak usia 2 tahun memang kerap membuat coretan berupa garis-garis vertical, lingkaran, atau campuran garis dan lingkaran yang membentuk “benang kusut’. Nah, benang kusut itulah yang menjadi kelak jadi peletak dasar dari perkembangan kemampuan menulis. Selain itu bisa mendukung juga ketrampilan menggambar, mewarnai, merangsang imaginasi, serta meningkatkan ketajaman penglihatan.

Tapi supaya ga terus-terusan corat-coret tembok perlu diarahkan kali ya (soalnya nie tembok bukan milik sendiri, punya Mr Wawan yang disewa jalan 2,5 tahun….:-) . Tugasnya besok-besok ngecat ulang kalo mo dikembalikan…..hehe…

Kegiatan positif berikut bisa disediakan ortu. Saya ambil dari buku “Panduan Aktivitas di Kelompok bermain” diterbitkan Erlangga for Kids, syukur deh nemu buku ini soale berisi aktivitas anak usia 1-3 tahun, pas banget!!

  1. Siapkan beberapa pensil dan pensil warna yang aman digunakan oleh anak usia kelompok bermain.
  2. Jelaskan kepada anak tentang perbedaan pensil dan pensil warna. Ajarkan anak cara memegang pensil yang baik. Bimbing anak untuk meletakkan Ibu jarinya disisi kiri pensil (bila ia biasa mempergunakan tangan kanan) dan meletakkan tiga jari (telunjuk, tengah dan manis) secara berdampingan pada sisi kanan pensil.
  3. Bila anak sudah terbiasa memegang pensil dengan mantab, biarkan anak mencoret-coret di lembar kosong yang telah disediakan.
  4. Beri pengertian agar tidak mencoret-coret di tempat sembarangan Kemudian ajak anak untuk menebalkan garis-garis.
  5. Setelah itu, ajarkan anak meniru pola-pola sederhana seperti contoh sampai tiga baris.

 

Selamat berekplorasi!

4 thoughts on “Coretan Abstrak

  1. Assalamu’alaykum warahmatullohi wabarokatuh..

    Ummu Fatih, kunjungan balasannya nih..hehe🙂
    Wah, blognya banyak yg bermanfaat utk aktivitas anak nih. Fatih suka berkreasi ya…selamat berkreasi terus..

    kiss…kiss…muacch dr ammah rika ^__^

  2. sy ikut kagum am ummi2 yg kreatif.dengar kisahnya sy jd ingat saat nabila (nama ank sy) mash kecil.skrg dah 3th 3bln sdh mulai belajar iqro 1.

  3. melihat tumbuh kembang anak-anak, celoteh mereka,polah tingkah lucu mereka saya merasa takjub. Oleh karenanya, sayang rasanya melewatkan kebersamaan bersama mereka. Sebuah nikmat yang wajib disyukuri, dijaga sehingga menjd anak2 yang sholeh. Salam buat nabila……

Comments are closed.