Catatan Akhir Pekan

Alhamdulillah minggu nie Fatih belajar banyak hal. Walopun ada sedikit hambatan, karena kami sekeluarga harus Pulang dulu ke Solo kemudian ke Jombang karena ada urusan. Ya walaupun keadaan berpindah-pindah tempat nie juga mempengaruhi aktivitas belajar kami, tetapi tetap berjalan walau tak di rumah.  Di tambah lagi, Fatih juga lagi batuk and pilek and agak rewel. Nah berikut nie catatan singkat tentang aktivitasnya ketika di Solo plus di rumah.

Membaca Iqro’

Saya mendudukkan ia di pangkuan, memegang jari telunjuknya  kemudian membaca dengan keras sambil menunjuk huruf  alif dan ba’ di halaman 1 hingga selesai. Kemudian mengulangnya lagi dan meminta ia menirukannya ( Fatih mau mengulang beberapa baris saja).

Iqro' halaman pertama (a ba)

Berhitung/ Matematika

Setiap kesempatan Kami gunakan untuk belajar menghitung. Menghitung jari-jari tangan dan kaki, kegiatan ini biasa saya tempatkan ketika Fatih beranjak tidur siang ataupun malam. Atau ketika ia sedang rileks. Saya baru gunakan angka 1 sampai dengan 5, tujuannya supaya ia benar-benar memahami dulu konsep berhitung. Di kesempatan lain ketika membereskan mainannya (memasukkan building block ke kantongnya sembari menghitung blocknya), menghitung kapal-kapal dari kertas, menghitung snack yang dimakan, dll.

Saya menggambar sesuatu benda di tangannya, kemudian ia menebak benda yang dimaksud

Bahasa

Menggambar ekspresi wajah di ujung  jari-jari telunjuk tangan saya dan Fatih dan bermain peran dengannya. Ia sangat suka kegiatan ini, sehingga meminta saya menggambar lagi di seluruh ujung jari-jarinya. Kemudian ia meminta bolpoinnya dan mencoba menggambar di tangan dan kakinya.

Mencoba menggambar sendiri di tangan dan kakinya

Membaca

Saya membaca dengan keras buku untuk anak ‘Aku Berani Bertanya’. Ia mendengarkan sambil melihat gambar-gambar ilustrasinya. Sesekali ia menirukan ekspresi yang ada di gambar. Saya terkadang menawarinya untuk bersama-sama membaca. Saya bilang, “Baca-baca yuk, dik? Dan ia setuju. tapi terkadang juga menolak…

Rihlah

Akhir pekan kami gunakan untuk aktivitas bebas. Kami pergi ke pantai yang jaraknya tak jauh dari rumah. Tapi sayangnya pantai di Surabaya nie dah banyak tercemar, banyak sampah. Karena jijik, saya kami hanya melihat-lihat dari atas saja.  Terlihat pula jembatan kokoh “Suramadu” yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. Fatih bertanya tentang apa saja. “Apa?……Apa?” dan seterusnya. Ia melihat kapal-kapal nelayan dan berkata “Kapal”. Kami juga mampir di pasar ikan asap dan membawa pulang ikan pari. Ia suka ikan pari.

Art and craft

Kali ini saya membuat kapal-kapalan dari kertas origami. Setelah itu ia pergi ke bak air dan meletakkan perahu-perahu kecil itu diatasnya. Ia terlihat senang, walaupun akhirnya kapal-kapal itu akhirnya rusak karena tenggelam.

2 thoughts on “Catatan Akhir Pekan

  1. wah.., subhanallohu….banyak ya kegiatan akhir pekannya ^^
    ummi-nya terutama, rajin, hehehe…. (jauh klo dibandingin sama ana ;p )

    dek Fatih makin pinter nih, baarokallohu fiikum

  2. maksudnya kegiatan selam sepekan…hehe…
    aktivitas saya banyak bersama fatih….kalo ia main saya juga ikut main, kalo ia tidur baru bisa kerjakan yang lain. Capek juga kadang….
    Nah… kalo anti rajinnya dibiadang lain tentunya ^_^,

Comments are closed.