Berhitung 1-5

Belajarnya Fatih kali ini berhitung 1-5. Tak terpikir sebelumnya metode apa yang harus saya gunakan untuk mengajarinya berhitung. Yang pasti aku rencanakan, awal-awal menghitung yang paling dekat dengan ia ‘menghitung jari-jari’.

Seperti sebelumnya saya menggambar emotion di ujung jari-jari saya dan bermain peran untuk melatih kemampuan berbahasanya. Alhamdulillah ia senang dengan ini, dan selalu meminta saya untuk menggambar emotion juga di jari-jarinya.

Untuk belajar berhitung (Matematika), metodenya hampir mirip dengan kegiatan di atas. tapi menggambarnya di telapak tangan. Saya bilang ke ia, “Dik, lihat di telapak tangan Ibu ada apa?” (Saya gambar sesuatu (mobil, sepeda, bulan, bintang, bunga, buku, dll) di telapak tangan saya, kemudian menggenggamnya). “Tapi harus dihitung dulu ya jari-jarinya supaya terbuka semua!”. Kemudian bersama-sama kami menghitungnya. Ketika semua jari-jari sudah terbuka semua di hitungan yang ke lima, dia tertawa senang n menebak gambar apa yang ada di telapak tangan saya. Saya lihat ia sangat tertarik dan menikmatinya. Dan sampai sekarang belum bosan nampaknya. Karena kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang, akhirnya ia hafal urutan bilangan 1-5. Alhamdulillah…..
Ia juga meminta saya menggambar di telapak tangannya dan berkata ‘jari-jari’.

Kesempatan lain saya ganti alatnya, ga pakai jari-jari melainkan pakai koin, building block, dll. Tetapi masih bilangan 1 sampai 5, supaya ia benar-benar bisa membilangnya dengan benar. Dengan metode “fun with math” seperti ini, saya harap ia bisa menikmatinya sekaligus belajar banyak hal. Insha Allah..