Lapbook

Saya mencoba membuat lapbook kali ini. Alhamdulillah saya sudah menyelesaikannya. Isinya tentang kegiatan yang ada di modelnya montessori. Karena untuk balita (toddler) maka materi disesuaikan. Thanks to Umm Nu’man for the creative project. I made a copy of the work.

Ini cover depan:

Saya beri judul ‘My First Lapbook’. Maksudnya lapbook pertama buat Fatih.

cover depan lapbook

Cover depan lapbook

Ini halaman pertama yang terdiri dari halaman tengah dan halaman samping kanan dan kiri. Pada halaman tengah adalah Zona bacaan. Saya tempatkan beberapa mini-book di box file. Pada samping kiri terdapat Kartu Qur’an dan Do’a yang diletakkan di pocket. Di samping kanan, terdapat flip-flap book buah-buahan.

halaman pertama

Halaman tengah sebenarnya ingin say letakkan beberapa minibook. Tapi belum memungkinkan sepertinya. Cuma satu ini aja ‘Allah Maha Pencipta’

ruang baca

halaman samping kiri

halaman samping kanan

Halaman 2

halaman 2

Pada halaman kedua matching game area (colours and shapes). Di halaman utama sebelah kiri colours matching game. Saya letakkan kartu-kartunya pada pocket yang ada pada setiap halaman ini. Di halaman ini terdapat mini book ‘Macam-macam Warna’. Di halaman utama sebelah kanan merupakan area ‘Geometri shape’, yang terdiri dari minibook ‘macam-macam bentuk’ dan juga matching game.

masjid

shapes matching

Akhirnya, saya selesai membuat lapbook for toddler, Alhamdulillah. Semoga saya bisa memanfaatkannya untuk belajar Fatih dan ia bisa menikmatinya, Insya Allah

6 thoughts on “Lapbook

  1. assalaamu’alaykum
    um..subahanallah bagus lapbooknya
    insya Allah ana mau coba buat,bisa diuraikan bahan2 dan cara pembuatannya um?
    syukran,jazakillah khair^^

  2. wa’alaikumsalam…..
    bahan-bahan dari kertas-kertas sisa kok ukh….karena memang saya suka craft dari kertas…(yang diperlukan kertas manila/kertas bufalo, karton, origami, dll), pokoknya saya gunakan bahan-bahab yang ada….
    Untuk isinya tinggal disesuaikan. Karena ini untuk toddler, ya masih pengenalan-pengenalan dasar (warna, bentuk, macam2 buah, doa, al qur’an). Untuk kartu do’a n qur’an saya download di Umm Nu’man (link di atas).
    Gampang kok buatnya….tinggal kreativitasnya saja(kalo saya ga kreatif…hehe…soalnya juga nyontoh)……Jazakillah khoir atas kunjungan di blog sederhana ini…..Barakallahu feek

  3. wa fiiki barakallah
    syukran ya um,mau berbagi ilmu
    ana ga kreatif um,jd ga bisa memanfaatkan barang2 yg ada
    terus berbagi ilmu lagi ya um..^^

  4. saya juga nyontoh umm…..subhanallah…banyak sekali referensi homeschooling yang ngasih contoh-contoh lapbook. bahkan dah ada format2nya, tinggal di print aja n di buat….jadi deh! Heehee…anti pasti bisa! ayo semangat buat belajar kakak salamah n nailah….!

Comments are closed.