Sekilas Tentang Kegiatan

Saya mencoba membuat list kegiatan apa saja yang akan dilakukannya setiap harinya. Tentu saja dibuat sefleksibel mungkin tergantung kesiapannya. saya tak ingin memaksanya dalam hal ini. Saya tetap berusaha menjadikan hari-harinya dilaluinya layaknya anak seusianya. Saya juga tak hendak menjadikan formal proses home ed ini, so I consider this project like the streams flow.

Qur’an

Membaca Iqro’

Studi Islam

Berhitung/ Matematika

Membaca untuknya (Read a loud)

Art and craft

Bermain bebas

Field Trip

 

Berikut penjelasan sekilas tentang  kegiatan.

Hafalan Al Qur’an

Saya membacakan hafalan surat-surat pendek, biasanya saya perdengarkan ketika ia hendak tidur sekaligus sebagai dzikir-dzikir sebelum tidur. Saya memulai dengan Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Mu’awidzatain (Al Falaq dan An Naas) setelah itu doa sebelum tidur beserta terjemahannya.

Studi Islam

Materi keislaman yang saya berikan meliputi Aqidah, akhlaq, adab, bahasa Arab dasar. Insyaa Allah. Saya pakai kurikulum islam dari talibiddeenjr, Insya allah dah mencakup keseluruhannya.

Membaca Iqro’

Kegiatan ini saya lakukan fleksibel, dalam artian tak tentu waktunya. Bisa pagi, siang ataupun setelah shalat maghrib atau Isya kurang lebih 1-5 menit. Tergantung kondisi Fatih saat itu. Kalau ia lagi mood, ia suka meminta saya untuk mengulangnya.

Berhitung/ Matematika

Dalm hal ini, banyak sekali yang bisa kami lakukan. Memasukkan building block ke kantong sembari menghitungnya (Disini Fatih juga terlibat, sehingga secara otomatis Fatih belajar berhitung dan juga membereskan mainannya). Menghitung jari kaki dan tangan. Menghitung apa saja yang dilakukan sembari bermain. Sementara masih pakai Kindergarten_Math Curiculum.

Membaca untuknya

Saya membacakan buku untuknya. Buku cerita anak bergambar majalah, dan lain-lain. Saya meletakkan ia di pangkuan dan membaca keras. Jika cerita bergambar, saya biasa mengomentari gambar yang ada.

Art and craft

Kegiatan ini bisa jadi senjata ketika kita lagi sedang lagi ga mood. Oleh karenanya saya suka ngumpulin alat-alat ketrampilan yang bisa aku gunakan untuk itu.