Bismillah

Rasanya banyak sekali PR yang harus saya kerjakan untuk memulai home-ed buat Fatih. Walau sebenarnya bingung mau mulai darimana, tetapi tetap harus dicoba. Usaha di awal memang dirasa sulit, namun Insyaa Allah akan dipermudah dengan usaha dan doa.

Saya tak ingin menjadikan proses home ed ini layaknya pendidikan formal, mengingat usia Fatih yang masih dalam proses pengenalan dan bereksplorasi terhadap banyak hal. Untuk Fatih saya berikan toddler activity. Pengembangan kemampuan dasar(berbahasa, kognitif, fisik/motorik dan seni) serta pembiasaan (adab, kebiasaan baik yang memungkinkan bisa dilakukannya) lebih saya tekankan di usia-usia awalnya.

Saya membuat beberapa rencana yang mungkin bisa memudahkan saya untuk memulai prosesnya. dan berharap dengan apa yang telah saya lakukan ini bisa menjadikan home ed yang saya jalani lebih terarah n well organized. Insyaa Allah

Kurikulum

Saya coba untuk gabung beberapa kurikulum, disesuaikan dengan tujuan apa yang hendak di raih. Untuk pemahaman Islam saya adobt dari presshool islamic curriculum talibiddeenjr , plus dari Depaq yang telah direvisi.

File komputer

Dokumentasi penting! Saya katakan…simpan….simpan…! Karena saya sering kehilangan file yang tak tersimpan di folder khusus. Kalaupun mau cari lama, gak efektif dan efisien juga. Saya dokumentasikan segalanya di komputer, mulai dari materi, lesson plan, media pembelajaran sampai download yang saya kira penting untuk disimpan. Sebenarnya kalo urusan membaca nie, saya lebih suka baca print out nya karena bisa sewaktu-waktu. Tapi dengan alasan lebih praktis dan bisa di print berulang-ulang jika memerlukan, jalan terbaik ya simpan di komputer. Walaupun begitu saya juga punya print outnya

Portofolio

Ini saya gunakan untuk menyimpan hasil belajar Fatih (lembar kerja, hasil proyek, dll)Yang ini nie harus menyediakan boxfile supaya ga ada yang tercecer. Blog ini juga saya gunakan sebagai dokumentasi juga.