Playdate

Playdate (mengundang teman sebaya untuk bermain dengan anak) merupakan aktivitas yang bisa membantu anak dalam berinteraksi dengan temannya. Dengannya anak bias bersosialisasi dan membangun hubungan baik dengan teman-temannya.

Dengan memberi kebebasan anak bermain dengan temannya,sebenarnya mereka belajar berinteraksi. Anak tetangga biasa bermain ke rumah. Usianya lebih kurang 2 tahun dan 3 tahun. Dengan berbekal sedikit mainan yang dipunyai Fatih, aku biarkan mereka untuk bermain tanpa aku harus ikut campur. Terserah mau main apa, tetapi tetap aku.mengawasi dan menemaninya bermain. Membiarkan mereka berinteraksi satu sama lain. Tapi ya namanya anak kecil, ada aja yang membuat saling tengkar berebut mainan

Pagi ini aku coba amati perilaku faith saat bermain dengan teman kecilnya ‘Rara’ (usianya 2 tahun). Sering juga mereka saling berebut mainan ataupun buku bergambar. Setiap mainan yang dipegang Rara, selalu diminta balik oleh Fatih. Kontan Rara yang sudah terlanjur asyik dengan mainannya berusaha mempertahankannya. Akhirnya terjadilah tarik menarik antar keduanya. Begitu terjadi kira-kira hampir 3 kali, sampai berakhir pula dengan adegan pelemparan wadah plastik oleh Fatih. Rupanya Fatih ga suka mainannya dipinjam orang lain. Perilaku seperti ini tentu tak boleh dibiarkan, Nah disini peran kita sebagai orang tua harus memberi pengertian bahwa temannya boleh ikut bermain dengan mainannya. Orang tua perlu menanamkan sikap mau berbagi dan bersikap baik terhadap teman-temannya.

Manfaat yang tentu bisa diambil dari playdate ini, yaitu kita bisa mengetahui perilaku anak kita ketika sedang bermain dengan teman-temannya. Apakah ia bisa bersikap baik, mau berbagi, atau bahkan memukul dan melakukan tindakan buruk lainnya. Dengan pengawasan ketika mereka sedang bermain, kita bisa segera mengoreksi si kecil ketika si kecil bersikap tidak baik. Menjalin hubungan dengan kawannya ini sebenarnya bisa membantu mempersiapkan mereka ketika akan memasuki dunia sekolah kelak. Karena di sekolah mereka dituntut untuk bisa berinteraksi secara kelompok.