Membaca Buku

Satu lagi aktivitas Fatih di usianya yang hampir 16 bulan, ia suka ‘membaca’ buku. Ia memang belum bisa mengeja huruf-huruf yang ada, tetapi hanya membolak-balik halaman buku karena rasa ingin tahunya.Atau kalo ayah dan ibunya lagi membaca buku suka ikut-ikutan nimbrung.

fatih

duniarumah.wordpress.com

Ia  punya buku dan majalah sendiri. Buku-buku anak balita yang isinya tentang pengenalan konsep dasar, yaitu warna, alpabet, angka dan lawan kata.  Buku-buku atau majalahnya sengaja diletakkan di tempat yang mudah ia jangkau ( di rak pendek ,m eja kecil, atau terkadang kemleler di lantai). Biasanya ia mengambil sendiri bukunya sewaktu-waktu ia tertarik  untuk mem baca. Kalau sedang serius, Ia bisa berlama-lama melihat gambar-gambarnya yang colourful……hehe…sampai segitunya! (apa yang dipikirkan ya?).

Yaa…namanya anak kecil. Karena terlalu sering di bolak-balik, di bawa kemana-mana, dicorat-coret akhirnya buku-bukunya jadi lecek. Sobek sana sini. Tak apa lah….itu salah satu bentuk interaksinya terhadap buku.

Sebelum tidur malam, aku biasakan ia untuk sekedar melihat gambar-gambar di buku  sambil memberikan komentar-komentar tentang gambar yang sedang dilihat. Dan alhamdulillah ia mulai terbiasa dengan rutinitas tersebut. Ia juga merespon perintah-perintah sederhana yang kadang kulontarkan. Misalnya, menghitung gambar, menirukan ekspresi, berpura makan makanan,dll. Tapi kalo dah keliatan ngantuk, responnya dah mulai berkurang. Ternyata aktivitas tersebut bisa memperlancar proses cooling down-nya.  Dah, bobok yuk…..Jangan lupa berdoa!