Paper Quilling

Pertama lihat beragam kreasi kartu yang dihiasi gulungan-gulungan kertas (paper quilling), rasa penasaran untuk bisa bikin sendiri kok menggebu-gebu. Unik!! Ya…paper quilling! seni menggulung kertas dan membentuknya menjadi model tertentu. Coba-coba belajar bikin…jadi deh!! Bisa dijadikan kartu ucapan selamat untuk pernikahan, kelahiran bayi, de el el supaya lebih berkesan….Selain untuk hiasan kartu, bisa juga untuk hiasan dinding, gift box, dll.

duniarumah.wordpress.com

Tidak ada teknis khusus dalam seni menggulung kertas ini. Yang pasti diperlukan kreativitas dalam membuat bentuk-bentuk gulungan sehingga tercipta model yang unik. Seperti bunga, kupu-kupu, lebah, rumah, dan lain-lain. Walaupun prosesnya sederhana, tetapi dengan sebuah desain elemen yang komplek bisa menjadi kreasi yang menawan. Tetep saja, imajinasi bisa terus berkembang sehingga jadi karya yang menarik.

Ada bermacam-macam gulungan yang bisa dibuat untuk hiasan.
Gulungan dasar (lingkaran padat, lingkaran longgar, embun, mata, persegi, hati, bentuk V, bentuk S, bentuk C dan tanda kutip),
Gulungan kreatif (oval, telur, setengah lingkaran,segitiga, bulan, wajik,bintang, daun, ikan, mata meliuk,dll) ,
Gulungan rumbai (Yang digunakan untuk membuat mekar bunga)

Untuk membuatnya diperlukan alat dan bahan sebagai berikut:

– Kertas ukuran A4 berwarna (biasa digunakan sebagai cover foto copy). Lertas ini yang nantinya akan dipotong menjadi potongan-potongan panjang yang akan digulung
– Lem all adhesive purpose.
– cutter
– gunting kertas
– Penggaris besi
– Pensil
– Quilling tool (alat untuk menggulung). Alat ini bisa diganti dengan batang lidi yang dibelah sedikit di bagian ujungnya.
– Shape matcher (penyelaras bentuk)

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Quilling Tool

Kreasi Paper Quilling Penghias Kartu Ucapan