Hilangkan Noda dengan Asam Sitrat

Pakaian anak yang ternoda karena tumpahan susu atau muntahan bayi biasanya setelah mengering akan meninggalkan noda kuning yang susah dibersihkan. Akibatnya, walaupun pakaian masih baru namun terlihat kusam karena noda-noda tersebut. Apalagi kalo kebanyakan pakaianberwarna cerah/ putih. Semula agak repot juga ngatasinya, karena noda tetap membandel walaupun telah dicuci pakai deterjen.

Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk menghilangkannya. Tips berikut perlu dicoba. Caranya pun mudah. Siapkan asam sitrat (bahan tambahan yang biasa digunakan untuk minuman), orang jawa mengenalnya dengan nama sitrun. Bahan ini bisa diperoleh di toko bahan kue. Berikut langkah-langkahnya:
1. Campur 1 liter air dengan 1 sendok makan asam sitrat (perbandingannya 1:1). Atau sesuaikan dengan seberapa banyak pakaian yang akan direndam.
2. Rendam pakaian yang ternoda kurang lebih 1 jam
3. Jika noda telah hilang, bilas dengan air bersih.
4. Cuci dengan detergen biasa untuk menghilangkan bau asam, kemudian bilas hingga bersih.

4 thoughts on “Hilangkan Noda dengan Asam Sitrat

  1. Assalamualaikum….
    Wah, tipsnya boleh dicoba tuh…apalagi bagi kita yang juga punya anak yang luar biasa aktifnya. Pakaiannya kotor tanggung-tanggung. Tapi apa warna pakaian gak ikut luntur karena sitrun? Biar klo nyoba gak takut-takut lagi tar luntur.
    Jazaklillah atas tips nya, bisa ditambah lagi tuh dengan tips-tips yang lain. Salam kenal….

  2. wa’alaikumsalam.
    kalo pengalaman saya nggak luntur, soale baju yang kebanyakan direndam berwarna cerah n putih. Untuk warna-warna mateng, insya allah ga luntur jika pewarna pakaiannya bagus. Waiyyak…..salam kenal balik!

  3. kalo pakaian yang berjamur bisa ga ukh pake sitrun? kalo ga bisa pake apa ya? barangkali ukhti tau..
    jazakillahu khoiron atas tipsnya ya…

  4. ana pernah mencoba untuk pakaian yang berjamur dan terkena getah, tapi ga bisa hilang juga. wah …alternatif lainnya belum tau juga tue….

Comments are closed.