Nasi Kuning Spesial

Cerita punya cerita, hari Jum’at kemarin saya masak nasi kuning. Dah lama sebenarnya pingin mencoba membuat nasi kuning. Tapi Fatih susah sekali ditinggal, pengennya kalo maen ditemeni terus. Berhubung nie ada kesempatan, karena ada teman bermain (tetangga sebelah), aku bisa masak. Saya ngubrek-ngubrek tabloid-tabloid resep yang saya punya. Saya memang hobi ngumpulin resep-resep makanan, tapi jarang prakteknya. Kalo masak yang standar-standar aja. He…hee….Nah, sekarang pengen masak yang spesial , lain dari biasanya gitu. Di tambah lagi spesial cara masaknya, soale pake rice cooker :-). Ceritanya nie saya mau buat kejutan untuk suami, karena beliau suka sekali nasi kuning…..gimana ya..reaksinya nanti?

Ternyata cara buatnya gampang juga. Tak payah laa susah-susah (pinjem bahasanya Ipin Upin)…

Berikut nie bahan-bahan yang di gunakan:
1 kg beras pulen, cuci
50 cc air kunyit (3 sendok makan kunyit parut + 50 cc air)
1 sendok makan air jeruk nipis
1,5 liter santan dari 1 butir kelapa
2 batang serai
4 lembar daun jeruk purut
5 lembar daun pandan
1 sendok teh garam
3 lembar daun salam

Begini cara membuat:
1. Beras dicampur air kunyit dan air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit. Sisihkan
2. Masak santan dengan serai, daun jeruk, daun pandan,daun salam garam sampai mendidih. Angkat!
Nah ini nie yang buat spesial, karena masaknya ga pakai cara standar yang biasanya setelah santan mendidih beras kemudian dimasukkan dan di aron sampai santan mengering. Baru kemudian dikukus 1/2 jam sampai matang.
3. Dengan cara spesial ini, beras dan santan mendidih langsung dimasukkan ke dalam panci rice cooker, klik tombol cook kemudian tunggu sampai matang.

Note: Kenapa santan, serai, daun jeruk, daun pandan, daun salam dan garam harus dimasak sendiri dulu, tidak langsung dimasukkan bersamaan dengan beras di rice cooker? Maksudnya supaya aroma dedaunan itu benar-benar merasuk dan merata di larutan santan, sehingga aroma nasi kuningnya nanti juga merata.

Jadi lah nasi kuning spesial!…Tinggal ditambahi lauk pelengkap (kering tempe, perkedel, telur dadar iris tipis, serundeng, lalapan mentimun dan daun kemangi). Kali ini lauk pelengkap yang saya buat adalah kering tempe, perkedel, and telur dadar. Kurang lengkap sebenarnya, bisa tambahkan ayam goreng. Tapi waktunya ga nyandak.

Ini nie yang buat saya senang,Fatih yang biasanya susah makannya, jadi doyan juga sama nasi kuning buatan Ibunya. Malah ia makan sendiri alias ga mau disuapi…..Jadi seneng ngelihatnya…Lahap sekali.

Suami biasanya pulang untuk makan siang. Setelah shalat jum’at, kami makan bersama sepiring berdua. Waktu liat menu makan siang kali ini nasi kuning, beliau antusias sekali untuk segera makan. Malah minta tambah lagi setelah menghabiskan sepiring. Alhamdulillah!!!…
“Kamu kok keren sekali, Dik”, komentarnya kemudian. Heehee…. jadi salting deh.
“Ah, biasa….”, kataku untuk menutupi saltingku. Tapi rupanya ia bisa membaca ekspresiku yang terlihat salting.
“Gitu aja salah tingkah” Katanya. “Kapan-kapan masak lagi buat teman-teman kantor ya! (Tuiiing…..asalkan ada yang bantu jagain Fatih, No Problem!!!
“Sekalian ngasih buat teman-teman mainnya Fatih!!!!……Tambahnya kemudian
Heeeehhh…

About these ads