Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Sejumlah aktivitas yang dilakukan anak di usia 4-5 tahun berikut ini bisa dijadikan parameter untuk memantau tumbuh kembangnya. Idenya sederhana dan menarik, dengan melakukan observasi dan mencatat jadwal perkembangan anak.

Parameter perkembangan usia 4-5 tahun

A B C
1. Toilet Training ___ ___ ___
2. Makan dengan sendok dan garpu ___ ___ ___
3. Duduk tenang untuk beberapa saat ___ ___ ___
4. Senang bila mendengarkan cerita ___ ___ ___
5. Memakai jaket sendiri tanpa batuan ___ ___ ___
6. Mampu mengancingkan jaket sendiri ___ ___ ___
7. Mampu memakai sepatu sendiri dengan benar ___ ___ ___
8. Membereskan mainan bila diminta ___ ___ ___
9. Senang berada di antara orang lain ___ ___ ___
10. Memperhatikan/merawat barangnya sendiri ___ ___ ___
11. Berbagi dan mau bergiliran ___ ___ ___
12. Biasanya menerima apa yang dibatasi orangtua ___ ___ ___
13. Berbagi perhatian orangtua dengan saudara ___ ___ ___
14. Mengikuti petunjuk sederhana ___ ___ ___
15. Berkunjung ke kerabat orang lain tanpa orangtua
untuk waktu yang pendek
___ ___ ___
16. Mampu menyebut nama lengkap dirinya ___ ___ ___
17. Mengerti konsep sederhana seperti besar/kecil, keluar/masuk,
naik/turun, buka/tutup
___ ___ ___
18. Mengenali benda yang biasa ditemui di rumah ___ ___ ___
19. Memperlihatkan imej diri yang positif ___ ___ ___
20. Bertanya untuk memperoleh informasi ___ ___ ___
21. Mengerti konsep angka (1-5) ___ ___ ___
22. Mengenali suara-suara yang biasa ada di rumah ___ ___ ___
23. Menceritakan pengalamannya ___ ___ ___
24. Menyebutkan kegunaan benda yang biasa ditemui di rumah,
misalnya jaket-dipakai, pisang-dimakan
___ ___ ___
25. Mengenali delapan warna dasar ___ ___ ___
26. Mengenali huruf dan suara ___ ___ ___
27. Mampu mengingat/mengulang 2 atau 3 benda berlainan dalam konsep
yang sama, misalnya (5,7,9), (merah, biru, kuning), (g,b,d)
___ ___ ___
28. Melompat dua atau tiga kali dengans satu kaki dalam satu garis ___ ___ ___
29. Mampu menangkap bola yang cukup besar ___ ___ ___
30. Mampu berlari atau berhenti dengan perintah ___ ___ ___
31. Mampu menggambar gambar sederhana ___ ___ ___
32. Mampu membedakan bentuk-bentuk yang berlainan ___ ___ ___
33. Mampu mencontoh gambar lingkaran atau kotak ___ ___ ___
34. Berdiskusi cerita yang didengar atau dilihat di TV ___ ___ ___
35. Memilah objek atau gambar yang hampir sama ___ ___ ___
36. Memperlihatkan keinginannya untuk bersekolah ___ ___ ___

A=Sering, B=Jarang, C=Hampir Tidak Pernah

Nilai:

  1. Jika ada 20 atau kurang aktivitas yang jarang atau tidak pernah dilakukan, perkembangan terlambat.
  2. Jika ada 20 atau lebih aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan agak terlambat.
  3. Jika ada 30 sampai 36 aktivitas yang sering dilakukan, perkembangan memuaskan.

sumber:

http://www.sumardiono.com

Panduan Lengkap Homeschooling. Maulia D. Kembara, Progressio

About these ads