Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun

Pada usia 1-2 tahun, aktivitas yang dilakukan anak sudah semakin komplek. Dengan melihat parameter perkembangan pada usia tersebut, orang tua diharapkan dapat memberikan stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan mereka. Aktivitas-aktivitas berikut yang biasa dilakukan oleh anak di usia 1-2 tahun dan bisa dijadikan alat bantu  dalam memantau perkembangannya.


Parameter perkembangan anak usia 1-2 tahun

Jenis aktivitas

Tanggal Observasi

1. Merangkak anak tangga

______________

2. Menumpuk 2 atau 3 benda

______________

3. Menunjuk untuk menyatakan keinginannya

______________

4. Mengikuti petunjuk sederhana

______________

5. Memegang pensil warna dan membuat garis

______________

6. Menaruh benda dalam wadah

______________

7. Mengguncangkan benda keluar dari wadahnya

______________

8. Melempar benda keluar dari wadahnya

______________

9. Mengikuti perintah sederhana

______________

10. Menyebutkan nama benda sederhana, misalnya: Bola, Rumah

______________

11. Mulai berlari

______________

12. Mampu mengingat gambar satu benda

______________

13. Mengobrak-abrik laci, keranjang baju dan wadah lain karena ingin tahu

______________

14. Duduk dengan diam mendengar cerita sederhana

______________

15. Melempar bola ke arah orang lain

______________

16. Menendang bola

______________

17. Berjalan mundur

______________

Nilai:

  1. Jika ada 10 atau kurang aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan terlambat.
  2. Jika ada 10 sampai 15 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan agak terlambat.
  3. Jika ada 16 sampai 20 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan memuaskan.

Sumber:

http://www.sumardiono.com

Panduan Lengkap Homeschooling. Maulia D. Kembara.Progressio

Parameter Perkembangan Umur 1-2 Tahun

Sumber: Buku Slow and Steady Get Me Ready oleh June R Oberlanderhttp://i.ixnp.com/images/v6.27/t.gif

Tanggal Observasi

1. Merangkak anak tangga

______________

2. Menumpuk 2 atau 3 benda

______________

3. Menunjuk untuk menyatakan keinginannya

______________

4. Mengikuti petunjuk sederhana

______________

5. Memegang pensil warna dan membuat garis

______________

6. Menaruh benda dalam wadah

______________

7. Mengguncangkan benda keluar dari wadahnya

______________

8. Melempar benda keluar dari wadahnya

______________

9. Mengikuti perintah sederhana

______________

10. Menyebutkan nama benda sederhana, misalnya: Bola, Rumah

______________

11. Mulai berlari

______________

12. Mampu mengingat gambar satu benda

______________

13. Mengobrak-abrik laci, keranjang baju dan wadah lain karena ingin tahu

______________

14. Duduk dengan diam mendengar cerita sederhana

______________

15. Melempar bola ke arah orang lain

______________

16. Menendang bola

______________

17. Berjalan mundur

______________

Nilai:

  1. Jika ada 10 atau kurang aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan terlambat.
  2. Jika ada 10 sampai 15 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan agak terlambat.
  3. Jika ada 16 sampai 20 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan memuaskan.
About these ads